Kriminologi di UI

Studi kriminologi di Indonesia pertama kali dikembangkan oleh Universitas Indonesia. Studi kriminologi di UI ini diawali dengan didirikannya Lembaga Kriminologi pada Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan tanggal 15 September 1948. Pendirian lembaga ini bertujuan untuk membantu proses pelaksanaan peradilan pidana dengan memberikan keterangan-keterangan ahli, seperti dokter, ahli kimia forensik, dan lainnya.

Departemen (jurusan) Kriminologi resmi berdiri pada tanggal 1 September 1962 pada fakultas yang sama. Namun, surat keputusan Direktur Jenderal Perguruan Tinggi tanggal 1 Februari 1968 memisahkan bagian Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan dari Fakultas Hukum. Hingga saat itu, Departemen Kriminologi menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Kemasyarakatan, yang sekarang dikenal dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Tujuan pendirian Departemen Kriminologi adalah menghasilkan sarjana yang mempunyai wawasan pengetahuan sebab musabab dan pencegahan kejahatan secara multidisipliner. untuk mencapai tujuan tersebut Departemen Kriminologi berupaya mengembangkan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan masyarakat Indonesia dan internasional. Berdasarkan pengembangan kurikulum, saat ini, program sarjana kriminologi memiliki tiga konsentrasi/peminatan, yaitu; penegakan hukum, kriminologi jurnalistik, dan transnasional crime.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:
Departemen Kriminologi FISIP UI
Gedung Nusantara 1, Lantai 2, Kampus FISIP UI Depok, 16424
Telp. 021-7271574, Fax. 021-78849012

Advertisements

18 thoughts on “Kriminologi di UI

  1. asalam Mas Ikrak
    dengan senang hati bila mana mas Ikrak berbagi info dengan saya tentang kajiaan tema2, konsep2 dan ruang linkup kekriminologian- yang keindonesian. sehingga saya sebagai alumni Krim 2006, dapt tercerahkan kembali melalui artikel 2 mas Ikrak di Web ini, dan setidaknya gagasan mas Ikrak dapat menjadi inspirasi saya untuk mengajar-dan sumber rujukan bagi murid2 saya nanti. saat ini saya sedang mengajar mata Kuliah Sosiologi di kampus swasta di Bogor, mohon tangapannya mas
    terima kasih
    Yal Robiansyah
    0852 164 18088

  2. Ass.Saya mau tanya kepada Lembaga Kriminologi FISIP UI.Saya dari kecil sangat menyukai novel dari Sir Arthur Connan Doyle yang mengisahkan seorang Detektif Sherlock Holmes.Saya juga sering melatih panca indra saya untuk bisa sangat peka terhadap apapun yang terasa ganjil dan aneh-aneh.
    Yang saya ingin tanyakan apakah saya bisa bersekolah ke sekolah detektif di luar negri jika saya bisa mempersembahkan prestasi saya kepada jurusan kriminologi di FISIP UI?
    Demikian komentar saya.Terima kasih.

  3. artikel nya mas ikrak cukup membantu seh tapi kayak nya perlu ditambah lagi lah materi2 yang menyangkut dengan studi kriminologi ini biar lebih jelas dan puas lagi, jangan cuma sebatas sejarah singkatnya doank…..

  4. aku tertari bgt sama kriminologi. aku sekarang kelas XII SMA yang sebentar lagi akan melanjutkan kuliah. dan aku berniat utk meneruskannya ke UI jurusan kriminologi.
    aku mau tanya soal prospek kerja kriminologi. peluang kerja nya apa aja. yah aku kan termasuk golongan orang yg tdk terlalu tajir, jadi setelah lulus membutuhkan pekerjaan tetap utk bisa membalas jasa orang tua.
    tolong dijawab ya đŸ˜€

  5. saya mau tanya kalau jurusan kriminologi ini ada S2 nya tidak? terus itu harus dari F.kriminologi juga tau bisa dari fakultas lain.

    1. Salam, Aprillia yang baik, maaf lama sekali baru saya balas. Kriminologi di UI ada program S2 dan S3, terbuka untuk semua jurusan. Hanya saja, untuk yg tidak sebidang wajib matrikulasi. Silahkan kontak ke 021.7271574 untuk informasi lebih jauh

      Salam

  6. anak saya tertarik pada bidang study krimonologi, saat ini dia sedang akan mendaftar melalui jalur SBM, semoga diterima. namanya : jesua jovan c. rombot. (saya johanes roy a. rombot, angkatan 89 f.psi)

  7. Assalamualaikum …
    nama saya sri nora, sekolah di MAN KOTO BARU P. PANJANG
    saya sangat ingin kuliah di UI dengan jurusan kriminologi, karna saya melihat prospek kerjanya bisa di kepolisian,kehakiman dll.
    saya sanagt ingin jadi anggota kehakiman dan saya ingin jadi hakim yang akan memberantas KKN, kalau pun tidak bisa memberantas KKN yang sudah menjadi budaya tersebut setidaknya saya bisa menghilangkan nya sedikit demi sedikit untuk bangsa ini.

    1. Waalaikumsalam,
      Sri Nora yang baik,
      Mohon maaf baru sekarang saya membalas pesan ini. Saya kembali lagi menggunakan blog saya ini setelah sebelumnya mengaktifkan website saya sendiri.

      Bagaimana kabar nora saat ini? Apakah sudah berkuliah di UI?

      Salam,
      IQS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s