NEWSMAKING CRIMINOLOGY

Perkembangan masyarakat di Indonesia dewasa ini menuntut kriminologi lebih adaptif. Salah satu bentuknya adalah membuat sebuah kajian khusus tentang permasalahan yang muncul dalam konstruksi sosial kejahatan di media massa yang dikenal dengan kajian Newsmaking Criminology. Media massa melalui pemberitaannya tentang kejahatan sering melakukan mistifikasi (pengkaburan) realitas kejahatan. Berita kejahatan yang disajikan justru tidak proporsional, didramatisasi, melanggar etika dan hukum pers,; dengan kata lain making more trouble. Membuat masalah kejahatan yang diberitakan tersebut menjadi semakin buruk. Tulisan dari Iqrak Sulhin ini dapat dijadikan sedikit pengantar untuk memahami kajian Newsmaking Criminology tersebut. Tulisan ini merupakan salah satu bagian dari diskusi internal Pusat Kajian Kriminologi terkait dengan upaya mengembangkan kurikulum kriminologi yang baru.

newsmaking-criminology.pdf

Explore posts in the same categories: Media Massa dan Kejahatan

One Comment on “NEWSMAKING CRIMINOLOGY”

  1. bagus.sudarmanto Says:

    News making criminology saya berasumsi pada akhirnya berujung pada kriminologi jurnalistik dan “politik redaksional” sebuah media massa. Sebuah mistifikasi, bahkan dramatisasi, suka tidak suka memang merupakan pilihan ketika sebuah media memiliki keterbatasan waktu, space halaman, dan bobot berita. Kalau kebijakan isi (content) sebuah media tidak mengganggap sebuah kejahatan adalah berita penting, maka pada saat itu pula berita kriminalitas hanya sebatas pelengkap dari liputan di halaman perkotaan, misalnya. Walhasil mistifikasi adalah risiko yang tak terhindarkan.
    Sebaliknya bagi media yang memang “menjual” kejahatan sebagai menu utama berita medianya, mungkin mistifikasi tak sepenuhnya terjadi, namun justru yang terjadi adalah dramatisasi.
    Begitu, sekadar urun rembuk saja.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: